Rabu, 10 Juli 2013

Cara Membuat Kue Cake Tape

Cara Membuat Kue Cake Tape

Cara Membuat Kue Cake Tape 

Secara umum dalam proses membuat kue cake tape menggunakan tape singkong yang masih segar atau baru jadi dan rasanya belum menimbulkan rasa pahit dilidah. Karena jika menggunakan yang sudah agak basah dan berhari-hari akan menyebabkan hasil kue cake tape menjadi lembek dan tentunya hasilnya tidak sesuai yang diinginkan. Untuk itu perlu beberapa teknik yang harus diketahui dalam pembuatannya. Nah, di artikel inilah cara bikinnya akan dijelaskan secara rinci agar mudah dipahami dan dipraktekkan resepnya.

Bahan yang diperlukan dalam membuat kue cake tape untuk 1 Loyang :
 

  • 150 gram tepung terigu yang habis diayak
  • 6 butir telur ayam 
  • 100 gram kismis berbiji yang dicampur sedikit tepung agar tidak tenggelam saat dicampur
  • 100 gram tape singkong masih baru yang telah dilumatkan dan dibuang serat tengahnya
  • 200 gram margarine atau mentega yang dilelehkan dan dihangatkan
  • 200 gram gula pasir putih agak kasar

Cara Membuat Kue Cake Tape :

 
  1. Kocok telur ayam bersama gula pasir kasar sampai mengembang dengan mixer secara cepat.
  2. Kurangi kecepatan mixer hingga yang paling rendah, tambahkan margarine yang telah dilelehkan sedikit demi sedikit hingga habis sambil diaduk rata.
  3. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit  sambil  aduk rata juga. Terakhir tambahkan tape singkong. Aduk rata kembali.
  4. Tuangkan adonan cake tape ke dalam loyang yang sebelumnya telah diolesi mentega di semua sisinya. Panggang ke dalam oven dengan panas 170ΒΊC hingga +/- 40 sampai 45 menit lalu angkat.

  • Gunakan tape singkong yang tampak kering atau tidak terlalu matang, karena jika terlalu berair, adonan cake atau bolu tidak akan mengembang dengan baik.
  • Alat yang dipakai untuk mengaduk adonan cake, harus betul-betul bersih dan sudah kering, karena dapat menyebabkan pengembangan cake sempurna seperti yang diharapkan.
  • Untuk mengetahui cake tape sudah masak atau belum kamu bisa menggunan lidi dan tusuk sampai ke bagian tengahnya. Kalau masih ada adonan cake yang ikut menempel di lidi tersebut artinya cake belum masak sempurna, tetapi kalau sudah tidak ada artinya sudah masak.

Demikian langkah- langkah dalam membuat kue cake tape. Untuk hasil yang lebih baik selalu lakukan percobaan dan bandingkan hasil pembuatannya dengan resep cara bikin kue cake tape lainnya untuk memperoleh kesempurnaan hasil nantinya. Apalagi untuk berjualan kue cake tape, tentunya rasa dan hasilnya harus pas dengan takaran yang selalu sama.

Artikel terkait :  


Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel…Cara Membuat Kue Cake Tape

4 komentar: