Minggu, 02 Juni 2013

Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal

Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal

Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal

Temukan resep membuat bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet di situs ini. Sebenarnya bakso sapi itu kenyal dengan sendirinya asalkan semua bahan daging sapi yang akan dibuat bakso adalah daging sapi segar yang belum lama disembelih. Maksimal 6 jam setelah sapi dipotong, daging sapi tersebut harus dibuat bakso sehingga dihasilkan bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet. Bila lebih dari 6 jam, maka bakso yang dihasilkan akan kurang kenyal. Semakin lama tidak dibuat langsung menjadi bakso, maka bakso yang dihasilkan akan semakin kurang kenyal bahkan lembek. Inilah rahasia sederhana untuk membuat bakso sapi kenyal.

Istilah gampangnya adalah saat membuat bakso sapi gunakan daging sapi sesegar mungkin. Cara gampang mengetahui kesegaran daging sapi adalah dengan cara memegang daging sapi dan rasakan apakah daging sapi tersebut masih terasa hangat atau tidak. Bila terasa hangat, maka bisa digunakan untuk membuat bakso. Bila terasa dingin, maka tidak bagus untuk dibuat bakso.

Selain itu periksa juga warnanya, jika masih merah segar maka dapat digunakan untuk membuat bakso, bila sudah merah gelap, berarti tidak bagus untuk bakso.

Bila anda sudah mendapatkan daging sapi segar, maka saatnya anda menggunakan resep bakso sapi kenyal di bawah ini:

Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal

Note:
  1. STTP yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk pengenyal.
  2. TIO2 yang dipakai harus yang FOOD GRADE – fungsinya untuk membuat bakso lebih putih (tidak terlalu hitam) – ini optional (bisa dipakai, bisa juga tidak)
  3. Resep di atas adalah resep untuk sekali masuk mesin chopper bakso. Untuk skala yang lebih kecil (rumah tangga), anda dapat membaginya dengan angka 10. Sehingga anda menggunakan resep 1/10 bagian.

Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal :

  1. Masukkan daging yang sebelumnya digiling dulu dengan mesin penggiling daging. Agar kerja mesin chopper tidak berat. Masukkan daging sedikit demi sedikit sambil mesin chopper jalan.
  2. Masukkan setengah air es dan bumbu-bumbu (garam, msg, sttp dan tio2). Giling terus sampai daging sudah kelihatan lembek
  3. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit. Masukkan juga sisa air es yang setengah bagian. Ini agar temperatur daging tetap dingin.
  4. Giling terus sampai halus. Perhatikan juga temperatur daging, jangan sampai panas (suhu diatas 15 der. C). Bila daging panas, baksonya tidak bisa kenyal.
  5. Keluarkan adonan bakso dari mesin. Lalu cetak bakso dengan tangan atau mesin pencetak bakso.
  6. Rebus bakso dengan air panas tapi jangan sampai mendidih. Suhu air sekitar 80 der. Celcius.
  7. Bila bakso sudah mengambang di permukaan air, angkat bakso dan dinginkan.
  8. Bakso siap untuk dimakan sendiri atau dijual.

Demikianlah resep bakso sapi kenyal tanpa bahan pengawet. Selamat mencoba!

Note:
Resep bakso di atas adalah resep bakso kualitas super. Anda dapat membuat bakso yang lebih murah dengan cara menambah air dan tepung tapioka. Bumbu-bumbu lainnya disesuaikan dengan air dan tepung tapioka yang ditambahkan.

Artikel lain : cara membuat nasi goreng spesial, cara membuat bakso ikan, cara membuat kue brownies kukus amanda, cara membuat kue cake zebra,

Terima kasih sudah mengunjungi dan membaca artikel…Cara Membuat Bakso Sapi Yang Kenyal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar